Skystoryteller

Sembilan Hari Paling Epic; Malang 2016!

Beberapa hari belakangan lagi pengen liburan banget. Alhasil jadi inget saat liburan paling gokil ke Malang tahun lalu.

Yap! Sekitar pertengahan bulan Maret 2016, saya sama tiga temen lainnya nekat ke Malang dengan uang pas-pasan. Modal masing-masing bawa satu carrier, kita ngabisin waktu di sana selama sembilan hari.

Selama itu pula kami tidur pakai sleeping bag, kerasa banget ini badan pegel-pegelnya. super!

Perjalanan naik kereta ekonomi ke Kediri selama 13 jam ditambah 3 jam ke Malang pake kereta lokal. Berhari-hari ngendarain motor tanpa sim di kota orang. Dari ngubek-ngubek kota Malang, Batu, Pantai Kondang Merak, Pantai Sendiki, sampe ke Pulau Sempu.

Mulai dari ke vihara, museum angkut, selecta, alun-alun Batu, Toko Oen, pantai, pulau sempu. (ada yang kelewat gak ya?)

 

SAM_2592.JPG

di Museum Angkut

Ngalamin kejadian horor di Toko Oen. Sumpah Horor! Main kartu dan kartunya sempet hilang. Itu beneran hilang, gak ada yang ngumpetin. Kalo diceritain super panjang, pokoknya itu pengalaman paling horor saat di Malang.

Bahkan, keluar dari toko itu, kita niat ngobrol dulu sama tukang parkirnya soal kejadian horor. eh ternyata beneran ada mistisnya di sana.

Kalo boleh bilang, setiap perjalanan bener-bener epic banget. Tapi, yang paling epic saat tiga hari berturut-turut ke Pantai.

Pertama, ke pantai kondang merak. Lewatin jalan super sepi, kiri-kanan hutan, jalan bebatuan, orang jarang lewat, setelah sampai di tkp malah zonk ga bisa snorkeling karena tempat penyewaan tutup, hari udah menjelang sore dan mendung. Jadi, kita semacam survey gitu, gak nyampe setengah jam di sana udah langsung berangkat ke pantai sendiki.

Di Sendiki gak kalah epic. Sampai di sana, udah kaget duluan karena yang nge-camp cuma kita berlima. Pantai Sendiki jauh dari pemukiman warga, gak ada warung ala-ala di pinggir pantai, gak crowded sama tenda wisatawan lain, gak ada hotel atau penginapan. Murni pantai di kelilingin hutan kecil. Udah panik aja karena cuma kita doang, tapi alhamdulillah abis maghrib muncul satu rombongan jadi ngerasa gak sepi banget haha.

 

 

2016-03-31 07.16.43 1.jpg

Penampakan pantai Sendiki. Jatuh cinta!

Besok siangnya kita lanjutin perjalanan ke Pulau Sempu. Wa kaco! Dari kondang merak-sendiki-sempu dibabat abis.

Lagi-lagi, di Sempu gak ada satu orang wisatawan pun yang nge-camp! Biasanya kalo liat di instagram atau google, sempu pasti dipenuhin sama tenda-tenda. Saat itu? kosong melompong! cuma dua tenda punya kita plus fly sheet punya mas tourguide.

Wah kaco lagi! Takut sekaligus seneng. Takut karena cuma kita doang, udah mikir yang macem-macem. Tapi seneng juga karena gak rame kaya di pasar.

2016-04-02 05.58.50 1.jpg

Sempu! cukup sekali aja yah ke sini kkkkkk

Ga berhenti sampai di situ, hal epic lainnya saat saya, oliv, nifa diserang monster kecil wakakaka. Iya, di dalem tenda kita banyak monster kecil alias undur-undur. benci banget! Mana saat itu kita gak pake celana (cuma pake celana dalam karena celana kita basah dan gak bawa cadangan lol). Jadinya ditutupin pake sleeping bag doang. Otomatis, kita gabisa keluar tenda karena ga memungkinkan tho.

Udah mau nangis, tapi kita akhirnya musnahin semua monster itu. Kenapa mereka bisa di dalem tenda? karena sebelum tidur, resleting tenda dibuka sedikit supaya angin masuk ke dalam, saat itu super panas banget jadi butuh angin sepoy-sepoy. Eh, taunya monster itu masuk dan………. ah sudahlah.

Nah, kelar tuh masalah monster. Paginya, kita ditinggalin mas tourguide pula. Ternyata saya baru paham kalo mas tourguide yang nemenin ngecamp emang pulang duluan, jadi pas baliknya kita bermodalkan insting untuk keluar pulau Sempu. Sempet nyasar, tapi alhamdulillah sampai di tujuan dengan selamat.

1459508207492

Penampakan kaki saat sampai di Pulau Sempu. Sandal kita harus diikat karet ban biar gak gampang lepas dan talinya ga putus (ujungnya tali sandal saya putus juga)

Selesai menjelajah Malang, ada insiden lain. Kita salah beli jadwal tiket! Jadi ngulur dua hari lagi di sana. Uang udah menipis banget, makan nasgor satu bungkus tiga orang. HA! kocak.

Di tambah, kita sok banget naik kereta ekonomi dari Surabaya ke Bandung. Alhasil, kita menempuh perjalanan Malang-Surabaya dulu.

Saat itu, kita sampai di Surabaya malem sekitar jam 19:00. Sementara, jadwal kereta ke Bandung besok paginya. Uang udah gak ada, alhasil kita nekat tidur di kursi luar Circle K.  Yap! dari stasiun Surabaya jalan menyusuri alun-alun dan nemu Circle K. Udah deh semaleman duduk di sana untuk nunggu kereta besok pagi.

Badan udah ga karuan, berhari-hari tidur beralas sleeping bag doang. Tidur di kursi kereta dan tidur di kursi besi CK. Capek? banget! Tapi super seru!  Jalan di kota orang, bawa carrier, pake sendal jepit, ga punya duit. gak mandi. sip lengkap!

Besok paginya, kita jalan lagi ke stasiun, nunggu kereta. Alhamdulillah meluncurlah naik kereta ekonomi Surabaya-Bandung yang jaraknya naudzubillah itu.

Dan, kita pun selamat sampai kiaracondong. Belum selesai…. kita naik kereta lagi ke Rancaekek dan lanjutin naik angkot ke Jatinangor.

Kalo diceritain detailnya, pasti panjaaaang banget tulisannya. Ini udah paling singkat banget, padahal masih banyak ke-epic-an lainnya muehehehe.

Dan yang paling penting, ada empat penyelamat saat di Malang. Bang oon dan dua abang yang ku lupa namanya, udah rela direcokin kontrakannya + dipinjemin motor. satu lagi mbak rani yang super baik juga udah minjemin motor.

Kalo gak ada mereka, gak akan ada yang namanya Malang Epic! wkakaka

So far, ini adalah jalan-jalan paling berkesan buat saya. Berkesan banget. Ngarep semoga kedepannya bisa ada jalan-jalan lebih epic dari ini.

Sembilan hari, bawa carrier + dua tenda, pake sendal gunung -yang talinya putus-, tidur beralas sleeping bag, ngendarain motor tanpa sim di kota orang, makan nasi goreng sebungkus bertiga, ban motor bocor di tengah hutan, kehujanan, pulau sempu berasa milik pribadi, jalan kaki di kota orang dengan penampilan gembel, semaleman duduk di kursi Circle K, udah temenan sama nyamuk, lumutan di kereta ekonomi Surabaya-Bandung. Lengkap!

Oliv, Nifa, Yopin, kalian terbaik! Ayo kita ngegembel di kota lain!

DSC_0782.jpg

Oliv, Nifa, Yopin saat jalan dari Circle K ke Stasiun Kereta Api Surabaya

 

 

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s